DETAIL JENIS IKAN CUPANG

Betta Bellica ini aslinya berasal dari Malaysia dan dikenal dengan nama ikan betah. Dibanding betta splendens ikan ini memiliki sirip yang lebih pendek dengan sirip ekor berbentuk hati.    Di alam liar ketika makan ikan cupang ini kadang melompat dari air untuk menangkap mangsanya. Jantan memiliki ukuran badan lebih besar dan lebih berwarna dibandingkan  betinanya. Ukuran standar ikan ini 8-9 cm.


Betta Splendens ini habitat aslinya berasal dari Thailand dan bisa hidup hingga 3 tahun. Ukuran jantan bisa mencapai sekitar 7-8 cm. Mereka dikenal akan berkelahi bahkan membunuh jantan lain. Tetapi umumnya mereka tidak terlalu agresif terhadap ikan jenis lain jika disatukan dalam satu akuarium. Ikan jenis ini selain menjadi cupang hias juga sering dijadikan cupang aduan.


Ikan cupang giant atau giant betta merupakan salah satu jenis ikan yang mempunyai ukuran paling besar diantara jenis ikan cupang lainnya. Panjang ikan cupang ini bisa mencapai lebih dari 11 cm. Terbayangkan seberapa besar ikan cupang ini. Karena ukuran yang dimiliki ikan cupang ini terlalu besar, menyebabkan ikan cupang tidak bisa seaktif ikan cupang yang memiliki ukuran tubuh normal. Meskipun ikan cupang giant ini kurang aktif, ikan cupang giant masih terlihat garang sebagaimana ikan cupang lainnya. Ketika melihat musuhnya, insang ikan terbuka dengan gerakan yang selalu ingin menyerang. Siripnya bergerak naik seakan-akan ingin menunjukkan kemarahannya.


Ikan cupang serit merupakan jenis ikan cupang yang berasal dari Indonesia. Jenis ikan cupang ini merupakan hasil dari perkawinan silang yang dilakukan oleh breeder Indonesia. Namun, informasi mengenai siapa yang melakukan persilangan masih simpang siur.

Mengapa disebut dengan nama Double Tail, yap karena memang ikan cupang ini seperti memiliki dua ekor, mungkin lebih tepatnya adalah bentuk ekornya yang seperti terbelah dua. Ikan cupang jenis ini masih sulit untuk dikembangkan, sehingga keberadaanya pun masih jarang kita jumpai di pasaran.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.